Ahmad Isni's Page

Exploring the days of my life

Dompo oh dompo

Posted by ahmadisni on April 1, 2010

Akhirnya, aku merasakan penyakit kulit yang bernama dompo (nama elit-nya adalah herpes zoter). Mulanya tak menyadari kehadiran penyakit tersebut. dari hari senin lalu, kurasakan ada benjolan kecil di leher. sempat ku garuk karena sedikit terasa aneh.

Selasa pagi, ku periksakan ke dokter. nak, baru tahu hari itu kalau aku dah terkena penyakit dompo. dari dokter sih katanya akibat virus. Virus akan menyerang sat kondisi tubuh pasien lemah.

Setelah aku pikir2 bener juga, senin lalu aku jalan kaki dari stasiun lempuyangan ke teknik mesin. tadinya sih pengen membakar kalori, secara tubuh dah terasa berat. intinya pengen ngecilin badan. pantesan aja, sampe di fakultas teknik kok kepalaku pusing2. mungkin pada saat itu virus dompo telah  menyerang kulitku.

Bagi temen2 yang sedang menderita penyakit dompo, usahakan jangan pernah di garuk dan jangan terkena air. tetap minum obat, olesi salep setiap hari, tetap sabar dan senantiasa berdoa kepada Allah SWT, semoga diberi kesembuhan.

berikut adalah keterangan seputar penyakit dompo yang kudapat dari internet:

Herpes Zoster (bukan zoter) disebabkan oleh virus varisela zoster, merupakan aktifnya kembali virus cacar air (pd umumnya menyerang orang yg punya sistem kekebalan yg lemah).

Dari penjelasan anda yg sangat singkat nampaknya virus sudah menular pada saraf wajah dan mata. Kalau didiamkan bisa terus berkembang menjangkiti leher, sekitar telinga, ujung hidung dll.

Obat untuk herpes zoster adalah asiklovir, yang dapat diberikan dalam bentuk pil, jika sudah parah diberikan secara intravena (infus)

Seseorang yang terkena penyakit dompo cukup parah pada bagian tersebut akan terasa panas seperti terbakar, perih, gatal, dan cekot-cekot. Penyakit itu juga dapat menyerang berbagai bagian tubuh manusia seperti wajah, tangan, kaki, dan alat kelamin. Bagian tubuh dada atau punggung, biasanya paling sering terserang dompo.

Jika seseorang menderita dompo dan bisul telanjur pecah, sebaiknya hindari pemakaian bedak. Hal itu agar tidak terjadi infeksi pada kulit.

Antivirus yang digunakan saat ini – misalnya acyclovir, famciclovir dan valacyclovir – telah diketahui mengurangi lamanya penyakit dan mengurangi angka kesakitan yang dihubungkan dengan kelainan kulit yang ada. Namun, efek ini hanya akan terjadi bila antivirus diberikan dalam 3 hari pertama setelah kelainan kulit pertama muncul. Indikasi pemberian antivirus yang lain adalah pasien dengan HZ oftalmikus dan pasien dengan defisiensi imunit

11 Responses to “Dompo oh dompo”

  1. khusnun said

    sayang, yang sabar ya..semoga cepat sembuh ya sayang…

    oiya, makasih ya sayang, udah bersedia mampir ke blog ku…hehehe

  2. baskoro said

    dah sehat belum, sobat…??

    hehe..koq yo olahraga jalan kaki dari lempuyangan sampe teknik. klo jalan kaki ya di tempat yang banyak pepohonannya, biar sehat.😀

    • ahmadisni said

      Alhamdulillah..wis apik2 ki
      dah mulai membaik.
      wingi ceritane, ben iso bakar kalori akeh
      jebul, tekan kampus kok malah nyut2-an
      posisi njenegan dimana ki pak?
      klo ke jgja, kabar2 yo
      ben iso ngumpul2 meneh
      thanks

      • Baskoro said

        syukurlah klo dah sehat.

        masih jauh dari jogja, yo kalaupun ke jogja kadang gak bisa lama-lama,

        kumpulnya paling neng markas kosan sigit trus lanjut ke angkringan pakualaman..
        😀

  3. benykla said

    hehe…Lempuyangan – Teknik via galeria Mall ngadem sik…

  4. sri oetoro said

    dompo lagi merajalela di solo timur (a.l.sragen ). temen2 banyak yang kena. cara penularanya gimana ? obat acyclovir (generik) udah pada nggak mempan. Apa karena generik & murah ya ? Lantas obat yang lebih manjur apaan ? Aq kesian deh ama temen2. Keliatanya menderita & minder gitu loh.
    Oh, ya. Ada juga yg kena di lipatan paha. Aq nggak liat lho. cuman katanya. abis temen tuh cewek, mosok aq liat. apa sama dg yang di punggung ?
    Udah ya ? mmmmuuuuaahhh ………

    • ahmadisni said

      dari beberapa artikel yang saya baca :
      Setiap orang tidak sama, bergantung kepada jumlah virus yang menimbulkan infeksi, berat ringannya manifestasi klinis dan daya tahan tubuh masing-masing.
      Ada yang sembuh hanya seminggu, adapula hingga 3 minggu.
      Pengobatan lebih diarahkan untuk mengurangi gejala, misalnya pemberian antinyeri atau penurun panas atau obat untuk mengurangi rasa gatal pada periode masa penyembuhan.
      Obat antivirus sendiri masih kontroversial, artinya belum dapat dibuktikan bahwa pemakaiannya benar-benar bisa menyembuhkan.

      Dikarenakan dompo disebabkan oleh virus, penularan bisa terjadi bila terjadi kontak.
      Hati-hati sewaktu mengoles salep atau obat ke bagian yang terkana dompo. jangan sampai pecah, agar tidak merembet ke bagian tubuh lain.

      Semoga lekas sembuh.

  5. Paijoe said

    ngak elite…. pdhal orgnya elite lho…. hehehehe
    trim’s infonya masse..

  6. victor said

    Wah ini juga mw berbagi pengalaman klo kena dompo…
    ambil 1 lb daun sirih dirajang halus dan tambahkan +/- 1 sdm minyak goreng -klo ada minyak kelapa, dipanaskan pake api kecil seperti menggoreng brambang, Lalu oleskan ke kulit yang kena dompo… Insya 4jj1 segera sembuh…
    disini daun sirih berfungsi sbg antibiotik alami untuk melawan virus herpes zoteer..

    Oya jangan lupa konsumsi vit. C dosis tinggi atw buah2an yang banyak..
    biasane orang yg pernah kena dompo akan kena lagi jika daya tahan tubuhnya drop, karena virus ini akan tetap hidup dan ngendon di tulang belakang kita seperti halnya virus influenza yg bisa menyerang kapan saja…

  7. victor said

    Wah… Sabar aja…
    ini pengalaman, coba ambil 1 lb daun sirih dirajang halus ditambahkan +/- 2/3 sdm minyak goreng – klo ada minyak kelapa, dipanaskan dengan api kecil seperti goreng brambang, Setelah itu oleskan ke kulit yang kena dompo pagi dan malam mau tidur…
    Insya4jj1 segera sembuh…
    bukankah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: